Rabu, 12 Juni 2013

makalah tentang Solusi Sampah



 SOLUSI SAMPAH PADA KEHIDUPAN SEKITAR

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa.Indonesia
Dosen : Drs.Sri Haryatmo, M.Hum

 

DISUSUN OLEH :

1. MOCH. FAISAL HIDAYAT                    12480048
2. LAELIYA MASRUROH                          12480049
3. NURROQIM INDRASUMARNO                       12480050
4. PUTRI MEGAWATI                                 12480051
5. MUH. AZMUL RIZA                               12480052


PROGRAM STUDI PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2012

KATA PENGANTAR

        Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Shalawat serta salam senantiasa kami panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW.
        Makalah yang berjudul Solusi Sampah pada Kehidupan Sekitar ini kami susun untuk memenuhi tugas diskusi mata kuliah Bahasa Indonesia.
        Tentu suksesnya hasil makalah ini berkat bimbingan dari semua pihak yang membantu kami selama pembuatan makalah ini.Dengan ini kami mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Allah SWT, yang telah memberikan kami karuniaNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.
2.      Orang tua kami yang senantiasa memberi kami doa dan dukungan.
3.      Bapak Drs. Sri Haryatmo, M.Hum selaku pengampu dan pembimbing kami pada mata kuliah Bahasa Indonesia.
4.      Teman-teman serta semua pihak yang telah membantu penyelesaian makalah ini.
        Penyusun menyadari, bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi.
        Semoga bimbingan dan kebaikan yang telah diberikan kepada kami akan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami semua dan umumnya bagi teman-teman yang membutuhkan.

Yogyakarta, Desember 2012


Penyusun


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………………………………i
KATA PENGANTAR……………………………………………………….ii
DAFTAR ISI….……………………………………………………………..iii
BAB I  PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang……………………………………………………….1
B.     Rumusan Masalah…………………………………….....…………...1
C.     Tujuan ………………………………………...……………………..2
D.    Metode Pengumpulan Data...…………………………….………….2
BAB II  PEMBAHASAN
A.    Pengertian Sampah………..…………..……………….......................3
B.     Jenis-jenis Sampah..…………………….......…...………………..….3
C.     Paradigma Masyarakat Tentang Sampah…..……….………………..6
D.    Bahaya Sampah Sampah Bagi Manusia dan Lingkungan…………...7
E.     Tindakan yang dapat dilakukan untuk menganggulangi sampah.......9
BAB III PENUTUP
A.    KESIMPULAN……………….……………………………………14
B.     SARAN……………………...……………………………………..14
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................15




BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
        Sampah adalah hal yang tidak asing lagi bagi kita. Setiap harinya kita bersentuhan dengan sampah. Sampah ialah material yang sudah tidak diinginkan. Sampah yang kita hasilkan sangatlah bermacam-macam. Jenis sampah berdasarkan sumbernya yakni sampah alam,sampah manusia, sampah konsumsi, sampah nuklir, sampah industri, dan sampah pertambangan. Berdasarkan sifatnya yakni sampah organik dan sampah anorganik.
        Di kota-kota besar sampah sudah menjamur di mana-mana dan hal ini sudah menjadi pemandangan yang biasa. Tumpukan-tumpukan sampah tak diurus dan dibiarkan begitu saja. Bahkan, tidak sedikit pula masyarakat yang tinggal di perumahan kumuh. Kurangnya kepedulian masyarakat akan kebersihan lingkungan pastilah memberikan dampak negatif yang besar pengaruhnya. Pertanyaannnya, apakah masyarakat tidak mengetahui bahwa berawal dari sampah itu akan menimbulkan ancaman yang besar yang mana bisa mempengaruhi keberlangsungan hidup mereka.
        Untuk menjawab permasalahan di atas maka makalah ini akan membahas mengenai bahaya dari sampah, dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya yang membutuhkan.

B.     Rumusan Masalah
        Berdasarkan dari latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka pokok permasalahannya adalah:
(1)   Bagaimana tanggapan dari masyarakat tentang sampah?
(2)   Apa saja dampak negatif dari sampah terhadap kesehatan manusia, lingkungan hidup dan sosial ekonomi ?
(3)   Tindakan apa sajakah yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi masalah sampah?

C.    Tujuan
        Berdasarkan pokok masalah yang telah dirumuskan di atas, maka makalah ini bertujuan untuk:
(1) Mengetahui tanggapan masyarakat tentang sampah.
(2)   Mengetahui dampak sampah terhadap kesehatan manusia,lingkungan hidup dan sosial ekonomi.
(3)   Tindakan yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi masalah sampah.

D.    Metode Pengumpulan Data
        Dalam penulisan makalah ini, penulis munggunakan metode observasi. Yaitu, dengan menganalisa dan mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan melihat atau mengamati individu atau kelompok secara langsung, ataupun dengan artikel-artikel yang tersebar luas di internet sebagai referensi.



BAB II
PEMBAHASAN


A.      Pengertian Sampah
        Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam te rsebut berlangsung. Akan tetapi karena dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya.

B.       Jenis-jenis Sampah

1. Berdasarkan sumbernya meliputi (1) Sampah alam, (2) Sampah manusia, (3) Sampah konsumsi, (4) Sampah nuklir, (5) Sampah industri, dan (6) Sampah pertambangan.

2. Berdasarkan sifatnya

a.       Sampah organik - dapat diurai (degradable)
Yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos.
b.      Sampah anorganik - tidak terurai (undegradable)       
Yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk lainnya. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton;

3. Berdasarkan bentuknya

        Sampah adalah bahan baik padat atau cairan yang tidak dipergunakan lagi dan dibuang. Menurut bentuknya sampah dapat dibagi sebagai:

a.       Sampah Padat

        Sampah padat adalah segala bahan buangan selain kotoran manusia, urine dan sampah cair. Dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, sampah kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Menurut bahannya sampah ini dikelompokkan menjadi sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik Merupakan sampah yang berasal dari barang yang mengandung bahan-bahan organik, seperti sisa-sisa sayuran, hewan, kertas, potongan-potongan kayu dari peralatan rumah tangga, potongan-potongan ranting, rumput pada waktu pembersihan kebun dan sebagainya.
        Berdasarkan kemampuan diurai oleh alam (biodegradability), maka dapat dibagi lagi menjadi:
1)      Biodegradable: yaitu sampah yang dapat diuraikan secara sempurna oleh proses biologi baik aerob atau anaerob, seperti: sampah dapur, sisa-sisa hewan, sampah pertanian dan perkebunan.
2)      Non-biodegradable: yaitu sampah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi. Dapat dibagi lagi menjadi:
a)      Recyclable: sampah yang dapat diolah dan digunakan kembali karena memiliki nilai secara ekonomi seperti plastik, kertas, pakaian dan lain-lain.
b)      Non-recyclable: sampah yang tidak memiliki nilai ekonomi dan tidak dapat diolah atau diubah kembali seperti tetra packs, carbon paper, thermo coal dan lain-lain.

b.      Sampah Cair

                Sampah cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan kembali dan dibuang ke tempat pembuangan sampah.
(1)     Limbah hitam: sampah cair yang dihasilkan dari toilet. Sampah ini mengandung patogen yang berbahaya.
(2)     Limbah rumah tangga: sampah cair yang dihasilkan dari dapur, kamar mandi dan tempat cucian. Sampah ini mungkin mengandung patogen.
        Sampah dapat berada pada setiap fase materi: padat, cair, atau gas. Ketika dilepaskan dalam dua fase yang disebutkan terakhir, terutama gas, sampah dapat dikatakan sebagai emisi. Emisi biasa dikaitkan dengan polusi.
        Dalam kehidupan manusia, sampah dalam jumlah besar datang dari aktivitas industri (dikenal juga dengan sebutan limbah), misalnya pertambangan, manufaktur, dan konsumsi. Hampir semua produk industri akan menjadi sampah pada suatu waktu, dengan jumlah sampah yang kira-kira mirip dengan jumlah konsumsi.
Untuk mencegah sampah cair adalah pabrik pabrik tidak membuang limbah sembarangan misalnya membuang ke selokan.

c.       Sampah Alam

        Sampah yang diproduksi di kehidupan liar diintegrasikan melalui proses daur ulang alami, seperti halnya daun-daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Di luar kehidupan liar, sampah-sampah ini dapat menjadi masalah, misalnya daun-daun kering di lingkungan pemukiman.

d.      Sampah Manusia

        Sampah manusia (Inggris: human waste) adalah istilah yang biasa digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin. Sampah manusia dapat menjadi bahaya serius bagi kesehatan karena dapat digunakan sebagai vektor (sarana perkembangan) penyakit yang disebabkan virus dan bakteri. Salah satu perkembangan utama pada dialektika manusia adalah pengurangan penularan penyakit melalui sampah manusia dengan cara hidup yang higienis dan sanitasi. Termasuk didalamnya adalah perkembangan teori penyaluran pipa (plumbing). Sampah manusia dapat dikurangi dan dipakai ulang misalnya melalui sistem urinoir tanpa air.

e.       Sampah Konsumsi

 Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh (manusia) pengguna barang, dengan kata lain adalah sampah-sampah yang dibuang ke tempat sampah. Ini adalah sampah yang umum dipikirkan manusia. Meskipun demikian, jumlah sampah kategori ini pun masih jauh lebih kecil dibandingkan sampah-sampah yang dihasilkan dari proses pertambangan dan industri.

f.       Limbah radioaktif

        Sampah nuklir merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium yang sangat berbahaya bagi lingkungan hidupdan juga manusia. Oleh karena itu sampah nuklir disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi untuk melakukan aktivitas tempat-tempat yang dituju biasanya bekas tambang garam atau dasar laut (walau jarang namun kadang masih dilakukan).

C.      Paradigma Masyarakat Tentang Sampah

        Masalah sampah tidak hanya sekedar bagaimana mengolah atau mengelola sampah saja, tetapi juga terkait dengan masalah budaya/sosiologi masyarakat. Masyarakat Indonesia umumnya tidak peduli tentang sampah, suka buang sampah sembarangan, dan cenderung mementingkan diri sendiri. Paradigma yang salah ini mungkin merupakan salah satu penyebab kenapa banyak program tentang sampah yang tidak berhasil. Merubah paradigma masyarakat tentang sampah menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari upaya-upaya penanganan sampah secara terpadu.
        Contoh sederhana saja. Di sebuah lahan terdapat patok dengan pengumuman yang sangat mencolok: DILARANG BUANG SAMPAH DI SINI. Pada kenyataannya masih banyak orang yang membuang sampah di tempat itu. Atau larangan-larangan senada lainnya, seperti: DILARANG MEMBUANG SAMPAH DI SUNGAI, BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA, YANG BUANG SAMPAH DI SINI SETAN. Pengumuman-pengumuman itu seperti hanya sebuah tempelan kosong tanpa arti, seperti macan tak punya gigi, tidak ada orang yang memperhatikan atau mematuhi larangan tersebut. Contoh lain, pemerintah atau lembaga-lembaga lain sudah cukup lama menyediakan tiga tempat sampah yang berbeda. Satu tempat sampah untuk limbah plastik atau logam, satu tempat sampah untuk limbah kertas, dan satu lagi tempat sampah untuk limbah organik. Tulisannya dibuat besar sekali, warnanya menyolok, dan masih terbaca dengan jelas dari jarak yang cukup jauh. Warnanya pun dibuat berbeda-beda. Masalahnya sekarang, apakah warga atau masyarakat sudah membuat sampah sesuai dengan tempatnya. Jawabannya adalah tidak. Mereka membuang sampah semaunya sendiri tampa memperhatikan tulisan-tulisan tersebut.
        Pemerintah juga sudah mencoba membuat peraturan daerah tentang sampah yang akan menghukum orang yang membuang sampah sembarangan. Salah satunya denda Rp 50.000,00 untuk orang yang ketahuan membuang sampah sembarangan. Apakah peraturan daerah ini pernah diberlakukan? Sudahkan ada orang yang didenda karena membuang sampah sembarangan? Jawabannya kita sudah tahu semuanya. Peraturan ini cuma sekedar tulisan di atas kertas.

D.      Bahaya Sampah Sampah Bagi Manusia dan Lingkungan

        Sudah kita sadari bahwa pencemaran lingkungan akibat perindustrian maupun rumah tangga sangat merugikan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Melalui kegiatan perindustrian dan teknologi diharapkan kualitas kehidupan dapat lebih ditingkatkan. Namun seringkali peningkatan teknologi juga menyebabkan dampak negatif yang tidak sedikit
1.      Dampak Sampah Bagi Kesehatan
        Lokasi dan pengelolaan sampah yang kurang memadai (pembuangan sampah yang tidak terkontrol) merupakan tempat yang cocok bagi beberapa organisme dan menarik bagi berbagai binatang seperti lalat dan anjing yang dapat menimbulkan penyakit.
Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan sampah adalah sebagai berikut:
(1)   Penyakit diare, kolera, tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur air minum. Penyakit demam berdarah (haemorhagic fever) dapat juga meningkat dengan cepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai.
(2)   Penyakit jamur dapat juga menyebar (misalnya jamur kulit).
(3)   Penyakit yang dapat menyebar melalui rantai makanan. Salah satu contohnya adalah suatu penyakit yang dijangkitkan oleh cacing pita (taenia). Cacing ini sebelumnya masuk ke dalam pencernakan binatang ternak melalui makanannya yang berupa sisa makanan/sampah.
(4)   Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.
(5)   Sampah beracun: Telah dilaporkan bahwa di Jepang kira-kira 40.000 orang meninggal akibat mengkonsumsi ikan yang telah terkontaminasi oleh raksa (Hg). Raksa ini berasal dari sampah yang dibuang ke laut oleh pabrik yang memproduksi baterai dan akumulator.

2.      Dampak Sampah Terhadap Lingkungan
        Cairan rembesan sampah yang masuk ke dalam drainase atau sungai akan mencemari air. Berbagai organisme termasuk ikan dapat mati sehingga beberapa spesies akan lenyap, hal ini mengakibatkan berubahnya ekosistem perairan biologis. Penguraian sampah yang dibuang ke dalam air akan menghasilkan asam organik dan gas-cair organik, seperti metana. Selain berbau kurang sedap, gas ini dalam konsentrasi tinggi dapat meledak. Sampah  juga penyebab banjir, karena menyumbat saluran-saluran air, tanggul. Sehingga mengakibatkan banjir bahkan yang terparah merusak turbin waduk.
3.      Dampak Sampah terhadap keadaan social dan ekonomi
(1)   Pengelolaan sampah yang kurang baik akan membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat: bau yang tidak sedap dan pemandangan yang buruk karena sampah bertebaran dimana-mana.
(2)   Memberikan dampak negatif terhadap kepariwisataan.
(3)   Pengelolaan sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. Hal penting di sini adalah meningkatnya pembiayaan secara langsung (untuk mengobati orang sakit) dan pembiayaan secara tidak langsung (tidak masuk kerja, rendahnya produktivitas).
(4)  Pembuangan sampah padat ke badan air dapat menyebabkan banjir dan akan memberikan dampak bagi fasilitas pelayanan umum seperti jalan, jembatan, drainase, dan lain-lain.
(5)  Infrastruktur lain dapat juga dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak memadai, seperti tingginya biaya yang diperlukan untuk pengolahan air. Jika sarana penampungan sampah kurang atau tidak efisien, orang akan cenderung membuang sampahnya di jalan. Hal ini mengakibatkan jalan perlu lebih sering dibersihkan dan diperbaiki.
E . Tindakan Yang Dapat Dilakukan Untuk Menanggulangi Sampah

1.      Reduce (Mengurangi Sampah)
(1) Membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik pembungkus barang belanja.
(2) Membeli kemasan isi ulang untuk shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis.
(3) Membeli susu, makanan kering, deterjen, dan lain-lain dalam paket yang besar daripada membeli beberapa paket kecil untuk volume yang sama.
2.      Re-use (Menggunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai)
(1) Memanfaatkan botol-botol bekas untuk wadah.
(2) Memanfaatkan kantong plastik bekas kemasan belanja untuk pembungkus.
(3) Memanfaatkan pakaian atau kain-kain bekas untuk kerajinan tangan, perangkat  pembersih (lap), maupun berbagai keperluan lainnya.
3.      Recycle(Daur Ulang Sampah)
(1) Mengumpulkan kertas, majalah, dan surat kabar bekas untuk di daur ulang.
(2) Mengumpulkan sisa-sisa kaleng atau botol gelas untuk di daur ulang.
(3) Menggunakan berbagai produk kertas maupun barang lainnya hasil daur ulang.

Adapun contoh alternative mengolah sampah menjadi kerajinan :
a.Membuat Bunga Plastik dari Sedotan
Alat : gunting, cutter dan lem
Bahan : sedotan, lidi atau kawat yang agak besar (diameter ±2 mm), kertas krep atau dapat diganti dengan kertas pita, bekas botol plastic sebagai tambahan aksesoris
Cara Membuat :
(1)   Potong sedotan kira-kira panjang ± 10 cm
(2)   Setelah itu belah ujung sedotan jadi empat bagian
(3)   Kemudian kesut sedotan yang telah dibelah hingga didapat bentuk yang lebih mekar dan agak lemas
(4)   Gunting tiap ujung sedotan yang telah dikesut, membentuk lancip menyerupai bentuk kelopak bunga asli
(5)   Satukan beberapa (4-5 buah) sedotan yang telah dipotong lancip tersebut kemudian digabungkan menjadi satu sehingga berbentuk bunga sedang mekar.
(6)   Bunga-bunga mekar dapat disatukan dengan kawat/lidi yang dibalut kertas krep/pita warna-warni.
(7)   Untuk ornament daunnya, kita bisa membuat dari potongan kertas pita atau dari potongan bekas gelas  plastik
(8)   Ulang cara yang sama, untuk membuat tangkai – tangkai bunga selanjutnya.
(9)   Bunga-bunga plastic siap dirangkai ke dalam pot bunga yang telah diisi spoon/ busa.
b. Membuat Pupuk Kompos
1) Kompos Jadi Siap Pakai
Kompos alami banyak terdapat di lahan-lahan yang sebelumnya menjadi tempat pembangan sampah organik. Untuk mendapatkannya :
(1)   Gali tumpukan sampah (garbage atau sampah lapuk) yang sudah seperti tanah.
(2)   Pisahkan dari bahan-bahan yang tidak dapat lapuk.
(3)   Jemur sampai kering, lalu ayak.
(4)   Bubuhkan 50 – 100 gram belerang untuk setiap 1 kg tanah sampah.
Bahan:
(1)   2 1 /4 hingga 4 m3 sampah lapuk (garbage).
(2)   6,5 m3 kulit buah kopi.
(3)   750 kg kotoran ternak memamah biak (± 50 kaleng ukuran 20 liter).
(4)   30 kg abu dapur atau abu kayu.
  2) Cara Membuat :
(1)   Buatlah bak pengomposan dari bak semen. Dasar bak cekung dan melekuk di bagian tengahnya. Buat lubang pada salah satu sisi bak agar cairan yang dihasilkan dapat tertampung dan dimanfaatkan.
(2)   Atau buatlah bak pengomposan dengan menggali tanah ukuran 2,5 x 1 x 1 m (panjang x lebar x tinggi). Tapi hasilnya kurang sempurna dan kompos yang dihasilkan berair dan lunak.
(3)   Aduk semua bahan menjadi satu kecuali abu. Masukkan ke dalam bak pengomposan setinggi 1 meter, tanpa dipadatkan supaya mikroorganisme aerob dapat berkembang dengan baik. Kemudian taburi bagian atas tumpukan bahan tadi dengan abu.
(4)   Untuk menandai apakah proses pengomposan berlangsung dengan balk, perhatikan suhu udara dalam campuran bahan. Pengomposan yang baik akan meningkatkan suhu dengan pesat selama 4 – 5 hari, lalu segera menurun lagi.
(5)   Tampunglah cairan yang keluar dari bak semen. Siram ke permukaan campuran bahan untuk meningkatkan kadar nitrogen dan mempercepat proses pengomposan.
(6)   2 – 3 minggu kemudian, balik-balik bahan kompos setiap minggu. Setelah 2 -3 bulan kompos sudah cukup matang.
(7)   Jemur kompos sebelum digunakan hingga kadar airnya kira-kira 50 -60 % saja.
(8)   Kalau di daerah kita tidak tersedia kulit buah kopi, cara ke II dapat diadaptasi dengan menggantikan kulit buah kopi dengan hijauan seperti Iamtoro ataulainnya.
d. Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Sampah Kertas
        Selama ini, kita seringkali membuang secara percuma sampah - sampah kertas yang sudah tidak terpakai lagi. Padahal, jika kita memanfaatkannya dengan baik, kertas - kertas itu dapat berubah menjadi suatu kerajinan tangan unik dan menarik:
Caranya secara garis besar adalah sebagai berikut :
(1)   Siapkan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai itu.
(2)   Sobek menjadi bagian - bagian kecil.
(3)   Campurkan dengan air secukupnya dan blender sampai halus. (Jika tidak diblender, juga bisa dengan menumbuk sendiri)
(4)   Jika sudah selesai, campurkan dengan lem PVA, aduk merata.
(5)   Bentuk bubur kertas itu sesuai keinginan.
(6)   Tunggulah sampai kering.
(7)   Jika sudah kering, beri warna dengan menggunakan cat minyak, cat akrilik, cat emulsi, ataupun cat poster. Akan tetapi, biasanya yang terbaik adalah cat akrilik karena cepat kering dan warnanya bagus.
(8)   Tunggu sampai kering, lalu lapisi dengan vernis agar mengkilap.
(9)   Jadilah kerajinan tangan buatanmu sendiri.
Tips : jika ingin bentuknya rapi, gunakan cetakan untuk membuatnya. Bisa memakai cetakan pudding












BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan

        Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa sampah ialah material yang sudah tidak diinginkan lagi. Sampah juga bermacam-macam jenisnya mulai dari sumbernya,bentuknya maupun sifatnya. Menurut para ahli, masalah sampah juga terkait dengan masalah budaya dan sosiologi masyarakat Indonesia.

        Sampah memiliki banyak dampak negatif bagi kehidupan. Misalnya saja bagi  kesehatan, sampah dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan kematian. Bagi lingkungan, sampah juga dapat mencemari air bersih dan dapat menyebabkan banjir. Selain itu, sampah juga memberi dampak negatif terhadap keadaan social dan ekonomi masyarakat.

        Pemanfaatan sampah yang baik dan benar dapat mendatangkan banyak manfaat. Bahkan sampah-sampah tersebut dapat kita daur ulang menjadi aneka kerajinan tangan dan sesuatu yang berguna seperti pupuk kompos.
B.Saran
        Melihat dampak negatif sampah yang ternyata sangat banyak dan berbahaya di atas, kita sebagai warga Indonesia yang baik dapat mengantisipasinya dengan cara membuang sampah di tempatnya, memilah-milah sampah organik dan anorganik saat membuangnya, dan memanfaatkan sampah yang masih layak pakai untuk kita jadikan barang yang berguna.





DAFTAR PUSTAKA
Harmonis.2012.Bahaya Sampah-Sampah Bagi Manusia.disampaikan di
blogspot.com.

Mily.2009.Makalah Bahaya Sampah.disampaikan di wordpress.com.

Sedaja.2011.Penanggulangan Sampah.disampaikan di blogspot.com.




7 komentar:

  1. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangi Q Q (,) me
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    * Bandar66 (NEW GAME)
    * SAKONG
    * Poker
    * Domino99
    * Capsa susun
    * AduQ
    * BandarQ
    * Bandar Poker
    Keunggulan PELANGI Q Q :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
    * BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    * BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGI Q Q
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan BBM yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
    - SKYPE : PELANGIQQ
    - LINE : PELANGIQQ
    - FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    - PIN BB : E37271BF
    - WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki
    PELANGIQQ

    BalasHapus
  2. cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangi Q Q (,) me
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    * Bandar66 (NEW GAME)
    * SAKONG
    * Poker
    * Domino99
    * Capsa susun
    * AduQ
    * BandarQ
    * Bandar Poker
    Keunggulan PELANGI Q Q :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
    * BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    * BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGI Q Q
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan BBM yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
    - SKYPE : PELANGIQQ
    - LINE : PELANGIQQ
    - FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    - PIN BB : E37271BF
    - WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki
    PELANGIQQ





    BalasHapus
  3. saya lebih setuju kalau sampah plastik di daur ulang menjadi minyak, karena lebih berguna. mungkin nanti di masa depan. jika semua sampah palstik dapat di ubah menjadi minyak ( bbm ) , masalah sampah akan jauh berkurang. karena sampah plastik tidak hanya berasal dari pemakaian sehari hari tapi juga dari mainan anak contohnya yang sudah rudak dan tak terpakai lagi

    BalasHapus
  4. Makalah yang berjudul “Solusi Sampah pada Kehidupan Sekitar” ini kami susun untuk memenuhi tugas diskusi mata kuliah Bahasa Indonesia.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Wr.Wb.

    Matur Nuwun sanget.... artikel e sangat membantu untuk menyelesaikan makalah masalah Sampah

    matur nuwun pon..... BAR NGARIT?

    BalasHapus
  6. Thanks for sharing an informative blog; I really enjoyed reading your well written articles.

    Lube Oil Blending Plant

    BalasHapus